Senin, 27 Mei 2013

AKPER DAN AKBID PANCA BAKTI BANDAR LAMPUNG



 Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Panca Bhakti Bandar Lampung merupakan penyelenggara Pendidikan Diploma III (DIII) Keperawatan dan Kebidanan swasta  yang berusaha mengisi dan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan khususnya bidang keperawatan dan kebidanan untuk dapat dimanfaatkan pada masyarakat luas sebagai kontribusi dan peran serta dalam pembangunan kesehatan.


Sejarah Perkembangan
Yayasan Pendidikan Panca Bhakti didirikan di Bandar Lampung pada tanggal 21 Januari 1994 dengan Akta Notaris No. 69 dari Notaris Imran Ma’aruf, S.H. Sejak awal tahun 2004 sampai dengan saat ini kepengurusan Yayasan Panca Bhakti terdiri dari:
Pembina        : Risneni R, S.Si.T., M.Kes
Pengawas     : Tn. Erdi Moeloek, SH
Ketua            : Drs. H. Nurdiono, SE., MM., Akt., CPA

Penyelenggaraan Akper Panca Bhakti dari Tahun 1994 sampai dengan tahun 2003 menempati di Jl. Purnawirawan No. 24  Gedungmeneng Bandar Lampung yang saat ini dikenal sebagai Kampus A dan mulai tahun Akademik 2003/2004 proses penyelenggaraan pendidikan dilakukan di Kampus A dan Kampus B (Jl. HZA Pagar Alam No. 14), namun dengan cukupnya fasilitas kelas maupun laboratorium di Kampus B maka sejak 2004 sepenuhnya perkuliahan dilakukan dikampus B dan kampus A diperuntukkan sebagai asrama mahasiswa.
Semenjak berdiri Akper Panca Bhakti Bandar Lampung telah mengalami pergantian Direktur sebanyak 5 (lima) kali dengan rincian sebagai berikut:
1. Tahun 1994—1998                  : dr. Muchlisi Sayih
2. Tahun 1998—Desember 2002  : El Rahmayati, S.Kp., M.Kep.
3. Januari 2003 – Januari 2004      : Gunawan Irianto, S.Kp.
4. Februari 2004 - Januari 2013    : Ns. Imam Subiyanto, M.Kep., Sp.Kep.MB.
5. Februari 2013 s.d sekarang       : Ns. Anton Surya Prasetya, M.Kep., Sp.Kep.J

Jumlah mahasiswa yang diterima di Akper Panca Bhakti ditentukan oleh adanya alokasi sesuai hasil akreditasi.  Pada tahun 1997 dan 1998 alokasi mahasiswa 60 mahasiswa dengan akreditasi C dan mulai tahun 1999 s.d tahun 2005 mahasiswa yang diterima 80 mahasiswa (Akreditasi B), kemudian dengan adanya edaran yang baru tahun 2006 bahwa institusi yang memiliki Akreditasi B alokasi mahasiswa yang terima dapat mencapai 120 mahasiswa.
Pada tahun 2003 Yayasan pendidikan Panca Bhakti mengembangkan Program Pendidikan dengan menambah satu Program Studi yakni Akademi Kebidanan Panca Bhakti Bandar Lampung.


Fasilitas Pendidikan
a. Gedung Kampus
Gedung Kampus Pendidikan Panca Bhakti Bandar Lampung berlokasi di Jl. H.ZA Pagar Alam No. 14 . Secara administratif lokasi tersebut berada di Desa Gedung Meneng, Kecamatan Rajabasa Kodya Bandar Lampung, Provinsi Lampung dengan luas Tanah + 1.664 m2 dan bangunan + 917 m2. Gedung kampus terdiri dari Ruang Kelas, Perpustakaan, Laboratorium, Ruang Administrasi, Ruang Direktur, Ruang Akademik/Dosen.

Ruang kelas dilengkapi dengan pendingin udara (Air Conditioner “AC”) untuk tiap ruangan sehingga suasana belajar sangat nyaman, dilengkapi juga dengan fasilitas multimedia untuk presentasi dengan diberiksn masing-masing komputer dan LCD Projector untuk tiap kelas serta pengeras suara.

b. Asrama
Yayasan Pendidikan Panca Bhakti mewajibkan peserta didiknya untuk tinggal di Asrama, asrama pendidikan Panca Bhakti terdiri dari :
1.    Asrama A
Terletak di Jl. Purnawirawan No. 24 Gedung Meneng dengan luas tanah + 1.664 m2 dan luas bangunan + 1.432 m2 dengan kapasitas 290 mahasiswa.
2.    Asrama B
Asrama B Pendidikan Panca Bhakti terletak di Jl. Wiraswasta No. 14 Gedung meneng Bandar Lampung dengan luas tanah 643 m2 dan luas bangunan 184.8 m2 dengan kapasitas 10 mahasiswa dan 1 pengawas asrama.
3.    Asrama C
Gedung Asrama C Panca Bhakti terletak di Jalan Cemara Gedungmeneng Bandar Lampung dengan luas tanah 398 m2 dan luas bangunan 328.8 m2 dengan kapasitas 25 mahasiswa putra.

c.     Perpustakaan
Akper panca Bhakti sampai dengan tahun 2009 mengoleksi buku-buku keperawatan dengan jumlah Buku MKDU dan MKDK sebanyak 583 judul dengan jumlah buku 1.329 exemplar.

d.    Laboratorium
Laboratorium Akper Panca Bhakti terdiri dari :
1.    Laboratorium Ketrampilan Dasar
2.    Laboratorium Kompetensi Mata Ajar
e.    Laboratorium Klinik
Lahan Praktek yang digunakan oleh Akademi Keperawatan Panca Bhakti adalah Rumah Sakit Umum  Daerah Hi. Abdul Moeloek, Rumah Sakit Jiwa Bandar Lampung, Panti Sosial Tresna Wreda Yuswa, Puskesmas, Rumah Bersalin dan Program Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota membentuk Posyandu Lansia dan senam Lansia.

f.    Sarana Transportasi
Sarana Transportasi Akper Panca Bhakti di dukung oleh 2 (dua) unit BUS, 3 (tiga) kendaraan roda empat, dan 2 (dua) unit kendaraan roda dua.



0 komentar:

Posting Komentar